بسم الله الرحمن الرحيم
Pertanyaan:
Assalamu’alaikum. Benarkah jika hari raya Idul Fitri jatuh tepat pada hari Jum'at maka kita di sunnahkan untuk sholat jum'at ?
Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullah.
Apabila hari raya Idul Fitri atau Idul Adha bertepatan dengan hari Jum’at, maka menurut pendapat yang paling kuat adalah shalat Jum’at tidak lagi menjadi wajib hukumnya. Ia boleh dilaksanakan, dan boleh pula ditinggalkan. Dalil atas pendapat ini adalah sebagai berikut:
1. Hadits Zaid bin Arqam radhiallahu ‘anhu.
Dari Iyas bin Abi Ramlah Asy Syami, dia berkata: Saya melihat Mu’awiyah bin Abi Sufyan bertanya kepada Zaid bin Arqam: “Apakah engkau pernah mengalami peristiwa berkumpulnya dua hari raya (Id dan Jum’at) dalam satu hari bersama Rasulullah صلى الله عليه وسلم ?” Zaid menjawab: “Ya, pernah.” Mu’awiyah bertanya: “Lantas apa yang beliau lakukan?” Zaid menjawab: “Beliau melaksanakan shalat ‘Id, kemudian memberikan keringanan terhadap shalat Jum’at. Beliau berkata:
من شاء أن يصلي فليصل
2. Hadits Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
قد اجتمع في يومكم هذا عيدان فمن شاء أجزأه من الجمعة وإنا مجمعون
3. Atsar Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu.
Dari Abu ‘Ubaid, maula Ibnu Azhar, dia berkata: Saya menghadiri shalat ‘Id bersama Utsman bin Affan, dan ketika itu hari Jum’at. Beliau melaksanakan shalat Id sebelum khuthbah, kemudian beliau berkhuthbah. Beliau berkata:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ هَذَا يَوْمٌ قَدْ اجْتَمَعَ لَكُمْ فِيهِ عِيدَانِ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَنْتَظِرَ الْجُمُعَةَ مِنْ أَهْلِ الْعَوَالِي فَلْيَنْتَظِرْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَرْجِعَ فَقَدْ أَذِنْتُ لَهُ
4. Atsar Abdullah ibnu Az Zubair dan Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhuma.
Dari ‘Atha` bin Abi Rabah, dia berkata: “Ibnu Az Zubair memimpin kami dalam shalat pada hari Id di hari Jum’at di pagi hari. Setelah itu, kami pergi melaksanakan shalat Jum’at, akan tetapi Ibnu Az Zubair tidak datang kepada kami. Oleh karena itu kami melaksanakan shalat Jum’at sendiri. Ketika itu, Ibnu Abbas sedang berada di Thaif. Ketika beliau kembali, kami menceritakan hal ini kepadanya. Ibnu Abbas lalu berkomentar:
أصاب السنة
PERHATIAN: Meskipun shalat Jum'at dalam keadaan seperti ini tidak wajib hukumnya, namun bagi orang yang tidak melaksanakan shalat Jum'at di mesjid, dia tetap wajib untuk melaksanakan shalat fardhu Zhuhur di rumah, karena shalat Id tidak menggugurkan kewajiban shalat fardhu Zhuhur. Wallahu a'lam.
والحمد لله رب العالمين